Forum BKK SMK Jawa Timur

Remaja adalah waktu manusia berumur belasan tahun. Pada masa remaja manusia tidak dapat disebut sudah dewasa tetapi tidak dapat pula disebut anak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa. Remaja merupakan masa peralihan antara masa anak dan masa dewasa yang berjalan antara umur 12 tahun sampai 21 tahun. Dari bahasa inggris “teenager” yakni manusia usia 13-19 tahun.Dimana usia tersebut merupakan perkembangan untuk menjadi dewasa untuk itu peran orang tua disini betul betul berperan, karena kalau tidak diarahkan sesuai dengan kaidah agama dan nilai etika yang baik pasti cenderung terjerumus ke hal-hal yang negatif.

 

Remaja sering dianggap sebagai sebuah kelompok yang sehat. Namun demikian, banyak remaja mati sebelum waktunya karena kecelakaan, bunuh diri, kekerasan, kehamilan komplikasi terkait dan penyakit lainnya yang baik dicegah atau diobati.  Banyak remaja yang  menderita sakit kronis kesehatan dan cacat.  Selain itu, banyak penyakit serius di masa dewasa memiliki akar pada masa remaja. Sebagai contoh, penggunaan tembakau, infeksi menular seksual termasuk HIV, makan yang buruk dan kebiasaan olahraga, mengakibatkan kematian dini penyakit atau di kemudian hari.

Pada umumnya remaja dan  anak muda sehat. Namun, lebih dari 1,8 juta orang muda berusia 15 sampai 24 meninggal setiap tahun.  Sebuah umlah yang jauh lebih besar dari orang-orang muda menderita penyakit yang menghalangi kemampuan mereka untuk tumbuh dan mengembangkan potensi mereka sepenuhnya. Sejumlah besar masih terlibat dalam perilaku yang tidak hanya membahayakan kondisi saat mereka kesehatan, tapi seringkali kesehatan mereka selama bertahun-tahun yang akan datang.  Hampir dua pertiga kematian dini dan sepertiga dari total beban penyakit pada orang dewasa yang berhubungan dengan kondisi atau perilaku yang dimulai di masa muda mereka, termasuk: penggunaan tembakau, kurangnya aktivitas fisik, hubungan seks tanpa kondom atau terkena kekerasan.

  • Lebih dari 1,8 juta orang muda berusia 15 sampai 24 meninggal setiap tahun, terutama karena menyebabkan dicegah.
  • Sekitar 16 juta anak perempuan berusia 15 sampai 19 melahirkan setiap tahun.
  • Orang muda, 15 hingga 24 tahun, menyumbang 40% dari semua infeksi HIV baru di kalangan orang dewasa di tahun 2008.
  • alam setiap tahun tertentu, sekitar 20% dari remaja akan mengalami masalah kesehatan mental, yang paling sering depresi atau kecemasan.
  • Sekitar 150 juta orang muda penggunaan tembakau.
  • Sekitar 565 orang muda berusia 10-29 mati setiap hari melalui kekerasan interpersonal.
  • luka lalu lintas Jalan menyebabkan 1 000 orang diperkirakan muda untuk mati setiap hari.

Mempromosikan perilaku yang sehat selama masa remaja, dan mengambil langkah untuk melindungi kaum muda dari resiko kesehatan sangat penting untuk masa depan ‘kesehatan negara dan infrastruktur sosial dan pencegahan masalah kesehatan di usia dewasa. Pada tahun 2002, PBB Sidang Khusus Majelis Umum pada Anak mengenali kebutuhan untuk “pengembangan dan pelaksanaan kebijakan kesehatan nasional dan program untuk remaja, termasuk tujuan dan indikator, untuk mempromosikan kesehatan fisik dan mental mereka”. Sebuah kerangka kerja penting bagi Teman-orang kesehatan muda adalah Millenium Development Goals (MDGs). Dua dari MDGs sangat relevan dengan Teman-orang kesehatan muda.

  • MDG 5 bertujuan untuk mencapai akses universal terhadap kesehatan reproduksi, yang salah satu indikator adalah tingkat kehamilan antara 15 sampai 19 anak perempuan tahun.
  • MDG 6 untuk menghentikan penyebaran HIV / AIDS memiliki indikator seperti penurunan 25% di antara orang-orang muda, dan juga mengukur proporsi anak usia 15 hingga 24 tahun dengan pengetahuan yang komprehensif dan benar HIV / AIDS.

Pada tahun 2003, Komite Konvensi tentang Hak-hak Anak (CRC) mengeluarkan Rekomendasi Umum di mana kesehatan dan kebutuhan khusus pembangunan dan hak-hak remaja dan orang muda yang diakui.  Ini adalah lebih lanjut didukung oleh Konvensi Penghapusan Diskriminasi terhadap Perempuan (CEDAW) dan Hak atas Kesehatan.

Berita Lainnya ,,