Forum BKK SMK Jawa Timur

Masih kurang percaya diri saat melamar kerja karena ijazah SMK? Ketika akan masuk ke dunia kerja, hal seperti itu sudah pasti dirasakan oleh sebagian orang yang merasa kurang percaya diri karena melamar kerja lulusan SMK, seharusnya anda tidak boleh bersikap seperti itu karena lulusan SMK disiapkan untuk bisa masuk langsung ke dunia kerja setelah menyelesaikan studi selama tiga tahun. Melihat mereka yang lulusan sekolah lebih tinggi mungkin itu yang membuat anda minder, tetapi yakinlah bahwa anda juga bisa untuk mendapatkan peluang pekerjaan yang anda inginkan karena sebenarnya ijazah itu hanya dijadikan sebagai salah satu syarat, bila lulusan SMK bisa menjadi syarat untuk pekerjaan yang ditawarkan, berarti pekerjaan tersebut dapat ditangani oleh mereka yang lulus SMK.

Boleh saja mereka memiliki ijazah sekolah yang tinggi tetapi anda jangan terkalahkan dengan potensi diri yang mereka miliki. Ijazah tidaklah akan bisa membantu seseorang dalam bekerja, melainkan kualitas serta potensi diri yang baik dan relevan dengan pekerjaan itu yang akan menjamin, belum tentu mereka yang memiliki ijazah sekolah tinggi memiliki potensi diri yang anda miliki. Jadi percaya dirilah bahwa anda mampu bersaing dengan mereka. Sebagai cara untuk membantu anda agar lebih yakin lagi saat akan melamar kerja dengan ijazah SMK yang anda miliki, Berikut akan diberikan beberapa tips bagi anda yang lulusan SMK agar sukses dalam melamar pekerjaan:

Kenali Diri Sendiri

Ketahuilah mengenai potensi yang diri anda miliki, lihatlah hal apa yang menjadi permintaan perusahaan untuk pekerjaan tersebut, kemudian lakukan intropeksi diri lihat kemampuan anda apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan kemampuan yang anda miliki jika memang ada itu akan menjadi poin atau modal untuk anda bisa mendapatkan pekerjaan tersebut. Cari pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan anda ini penting untuk kesuksesan anda dalam menjalankan pekerjaan nanti.

Konsep Diri Anda

Gali kemampuan yang dimiliki diri anda, bila perlu asah kembali kemampuan yang mungkin sempat anda hiraukan. Semakin banyak kemampuan yang dimiliki seorang pelamar, semakin ada peluang perusahaaan untuk menerima anda. Konsep kemampuan anda dengan pekerjaan yang akan anda lamar, sehingga saat nanti anda mengikuti tes interview anda akan lebih mudah menjelaskan dan menunjukan kemampuan yang anda miliki.

Buat Berkas Lamaran Dengan Menarik

Untuk membuat berkas lamaran kerja, yang harus anda perhatikan dalam pembuatannya yaitu surat lamaran serta daftar riwayat hidup atau CV. Buat kedua berkas itu dengan baik, bisa anda meminta bantuan dengan mencari cara serta contoh untuk pembuatan berkas lamaran yang baik ini search di internet, kini sudah banyak tersedia. Tetapi ingat, hati-hatilah dalam memilih contoh surat lamaran yang salah, untuk menghindari ini sebaiknya tuntun dengan hal apa yang harus dimiliki oleh surat lamaran kerja dan sesuaikan dengan contoh tersebut. Pilihlah jenis kertas yang baik, tulis dengan tulisan yang rapi, isi surat maupun CV jelas, serta buat menarik dengan memberi design yang baik pada kertas berkas tersebut.

Cara Menghadapi Tes Wawancara Kerja

Untuk menghadapi tes wawancara kerja, walaupun tegang, jangan anda perlihatkan ketegangan itu, bangunlah percakapan yang santai anggap pewawancara itu adalah rekan anda dengan begitu anda dapat berbicara dengan lepas tetapi tahu batasan, bicaralah dengan sopan, jawab setiap pertanyaan dengan jelas, tunjukan potensi diri anda yang berkaitan penting dengan pekerjaan, lakukan kontak mata dengan baik, ajukan pertanyaan jika diberi waktu dan lakukanlah sikap positif lainnya. Yang paling penting, perhatikan penampilan karena ini akan menjadi kesan pertama pewawancara menilai diri anda. 

Semoga penjelasan untuk melamar kerja lulusan SMK di atas bermanfaat untuk kesuksesan anda dalam mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. (Sumber : female.kompas.com)

Berita Lainnya ,,