Forum BKK SMK Jawa Timur

Demikian salah satu point sambutan Kadisnakertransduk Prov. Jatim (DR. Hary Soegiri, MBA, MSi) dalam pembukaan kegiatan Pemanduan Bursa Kerja Khusus (BKK) kepada 25 orang di Satuan Pendidikan SMK dan Perguruan Tinggi di Hotel Filadelfia Kota Batu, 15 April 2013. Selain untuk mengembangkan jejaring melalui pemanduan ini diharapkan pelaksana BKK paham teknis penempatan tenaga kerja dan untuk membantu mengoptimalkan penempatan tenaga kerja yang pada akhirnya mampu mengurangi pengangguran di Jawa Timur.

 Disampaikan pula oleh Kadisnakertransduk Prov. Jatim bahwa latar belakang dilakukan pemanduan ini adalah berdasar pada kondisi ketenagakerjaan di Jatim sampai akhir tahun 2012, yang masih ditandai oleh banyaknya jumlah penganggur terutama penganggur usia muda umur 20-29 tahun yang jumlahnya 46.69% dengan pendidikan rata-rata SMU/ SMK sebanyak 43.69%. Selain itu, kondisi masih rendahnya kualitas angkatan kerja yang berakibat rendahnya daya saing untuk mengisi atau tidak cocok dengan kebutuhan pasar kerja. Data BPS per agustus 2012 juga memberi gambaran bahwa, angkatan kerja lulusan SD ke bawah di Jatim masih berjumlah 54.79%. Yang terakhir, adalah tentang kondisi ketenagakerjaan di jatim dihadapkan pada kondisi hubungan industrial yang belum kondusif. 

Untuk itu, katanya kemudian, Bursa Kerja Khusus (BKK) disatuan SMK dan Perguruan Tinggi diajak bersinergi antara lain melalui pembentukan jejaring dengan dinas ketenagakerjaan dikab/kota maupun di provinsi kab/kota untuk memudahkan penyampaian informasi lowongan kerja, pembinaan ketenagakerjaan dan untuk memperbaiki kualitas SDM yang berbasis Market Driven (kebutuhan Pasar Kerja). 

Sementara itu, Kabid Penempatan Disnakertransduk Prov. Jatim (Drs. Bambang Sutaryo, Msi) dalam paparannya lebih menekankan pada pentingnya komitmen dan profesionalisme pengelola BKK, yang pada akhirnya dapat membantu proses penempatan yang aman dan procedural bagi alumni siswa di sekolahnya. Selain itu, diharapkan pengelolaan BKK yang baik selain mampu membantu menempatkan siswa di dunia kerja juga citra sekolah di masyarakat.(bdr/04/2013)

Berita Lainnya ,,